02 Oktober 2014

#Artikel - Bisnis Plesetan (nan Slengean) a la Kamengski



Dengan plesetan visual, Kamengski membuat pemuda urban gemar dengan Firdaus Oil, Meggy Z dan Nike Ardila

Kita tentu sepakat, bahwa di kalangan pemuda kelas menengah macam kita-kita ini, produk bermerk Firdaus Oil pasti ditampik. Kita menyadari keberadaannya sebagai minyak penumbuh bulu, tapi sangat jarang sekali menggunakannya. Begitu juga Meggy Z. Agaknya, jarang ada pemuda kekinian yang peduli dengan pedangdut Anggur Merah tersebut. Sebenarnya, Firdaus Oil dan Meggy Z tak beda dengan Pomade dan Elvis Presley. Semuanya bagian dari budaya popular. Hanya saja, mereka ngepop di dua kelas masyarakat yang berbeda. 
Hingga hadirlah Kamengski, lini usaha yang dalam konten baju dagangannya melakukan culture jamming bergaya plesetan visual. Dengan bahasa visual, Kamengski mencampur-adukkan budaya popular lintas kelas dan lintas regional—budaya pop global dicampur dengan yang lokal. Gambar pria brewok pada logo Firdaus Oil dibuang, diganti dengan rupa wajah tokoh yang sama-sama berbulu, tetapi datang dari budaya popular kelas berbeda. Diambillah gambar Chewbecca, karakter di Star Wars yang tubuhnya dipenuhi rambut, untuk menjelaskan merk Firdaus Oil. Begitu juga dengan Meggy Z. Kamengski menyematkan gambarnya di artwork untuk lagu "Holy War… The Punisment Due" milik Megadeth. Bukankah Meggy Z dan Megadeth nyaris sama bunyinya jika dilafalkan? 

“Anjr*t, kepikiran aja nih yang bikin. Hahaha,” komentar saya ketika pertama kali melihat produk  Kamengski. Saya yakin, kekaguman pemuda-pemuda lain akan Kamengski dimulai dengan ekspresi yang tak jauh beda seperti saya itu. 

Dimulai Dari Hasrat Berkarya dan Bercanda

Bendera Kamengski berkibar sejak 2009. Penggagasnya adalah Sulaiman Said dan Aditya Fachrizal (Godit). Tapi sekarang, Said menjadi satu-satunya biang keladi Kamengski. Pemuda 26 tahun lulusan Desain Komunikasi Visual, IKJ ini punya misi sederhana saat mendirikan Kamengski, “gue pengin karya gue bisa dijadiin kaus dan dipakai banyak orang.”

Ingin tahu asal nama Kamengski? siap-siap heran. Saat Said dan Godit memikirkan nama brand, lewatlah seniornya di kampus yang bernama Meang. Said biasa memanggilnya Ka Meang. "Biar lebih asik, ditambahin imbuhan -ski deh," kata Said. Jadilah Kamengski. 

Walau mengangkat becandaan di karyanya, Said tak main-main dengan motivasi berkayanya itu. Ia pun serius mengumpulkan modal. Lulus kuliah, Said pun bekerja menjadi desainer grafis kantoran. Bukan untuk menetap, melainkan sekadar untuk mengumpulkan modal. Sambil bekerja, sambil ia terus jalani Kamengski. Satu persatu ide plesetan visual diproduksinya dan diperlihatkan ke teman-teman.

Mendulang respon yang baik, Said kian gencar membesarkan usaha. Ia pun nekat meminjam uang ke bank untuk modalnya membeli mesin cetak direct to garmen (DTG) seharga Rp 15 juta agar bisa memproduksi kaus satuan dengan mudah. Daya produksi pun meningkat sejalan dengan meningkat pula permintaan pasar. Tak disangka, pinjaman bank yang seharusnya diangsur setahun sudah bisa dilunasi Said hanya dalam jangka enam bulan. “Waktu itu, gara-gara lebaranan, kaus laku banyak banget. Pinjaman pun gue lunasin terus gue resign dari kantor,” kenang Said. 

Sudah sangat banyak sekali rupa culture jamming yang turut  meramaikan pergaulan muda-mudi perkotaan gara-gara ulah Kamengski. Selain Chewbecca di logo Firdaus Oil dan Meggy Z di album Megadeth, beberapa produk pamor dari Kamengski lainnya adalah baju bergambar cupang slayer yang disandingkan dengan logo band Slayers, tokoh fiksi Detektif Conan disandingkan dengan logo kamera Canon, dan logo sepatu Nike yang ditambahkan tulisan ‘Ardila’. 

Laku keras, kaus-kaus plesetan Kamengski pun viral di ranah online. Hingga tulisan ini dibuat, Kamengski memiliki 3750 pengikut di Twitter, 2573 di Facebook, dan  12397 di Instagram. Kini, Kamengski juga sudah punya markas. Di sebuah rumah mini daerah Lenteng Agung, Said bermukim. Di sana pulalah ia sendiri bekerja mengurusi produksi sekaligus penjualan Kamengski. Modal utamanya: mesin cetak DTG, dua unit PC, koneksi internet dan smartphone. Tak jauh dari tempat tinggalnya, Said juga menyewa toko. Kamengski pun menjadi distro. 

Soal omzet, jangan ditanya. Tiap bulan, kaus Kamengski yang dihargai Rp 115-150 ribu ini bisa terjual setidaknya seratus potong. Belum lagi jika Kamengski ikut buka lapak di bazar. "Minimal empat juta gue kantongin tiap bazar. Paling heboh sih waktu Holy Market di ruangrupa. Belasan juta deh gue dapet," cerita Said senang. 

Sederhana Dalam Pemasaran. Santai dalam Penjualan


Said memilih untuk sederhana dalam pemasaran dan santai dalam penjualan. Untuk pemasaran, dia hanya mengandalkan akun-akun media sosialnya, itu pun bentuk promosinya sederhana dan tetap bernada bercanda. Di kolom bio Instagramnya saja, Kamengski mencantumkan deskripsi yang nyeleneh bukan main. "Rajin Ibadah, Ramah Tamah, Baik Hati, Murah Senyum, dan Tidak Sombong, mau curhat hubungi 081317722721."

Etalase digitalnya di Instagram pun tak mewah, hanya berupa foto kaus, tanpa model,  itu pun difoto dengan kamera hape. Tidak seperti kebanyakan online shop yang tampil elegan dan tak jarang berhamburan hashtag.

Andalan promosi Kamengski lainnya adalah jaringan pertemanan. Berada di scene seni Jakarta juga membawa keuntungan bagi Said. Beberapa koleganya yang lebih dulu diikuti banyak followers, kerap mempost foto dirinya memakai baju Kamengski. Dari situ, plesetan visual khas Kamengski kian viral. 
 "Gue juga pernah coba ajak kerja sama akun humor di Instagram. Gue isi konten di situ. Lumayan. Sekali post, bisa nambah follower sampai 500," cerita Said. 

Soal penjualan, sebenarnya, bisa saja Kamengski diikutkan ke bazar-bazar akbar seperti Jakcloth atau Brightspot. Tapi Said memilih untuk pelan-pelan. "Gue nggak mau agresif gitu ah. Lagian kalau gitu jadi nggak lux lagi produknya," katanya. Beberapa temen yang ingin berinvenstasi juga pernah datang ke Said. Tapi lagi-lagi, Said belum menggubris satu pun tawarannya.  

 


"Plesetan nggak ada matinya"

Untuk pengikut brand Kamengski sejak awal berdiri, pasti akan tahu bahwa di awal pendiriannya, gambar-gambar di kausnya lebih nyeni dengan menampilkan berbagai karya buatannya dan beberapa teman kampusnya. Namun, tak lama sejak itu akhirnya berbelok arah, dan memilih mengangkat plesetan visual saja hingga sekarang. 

Kenapa plesetan?

"Karena gue susah serius. Gue mau keliatan keren tapi udah pasti kalah keren. Jadi, mending katro aja deh. Jadi nggak mutu aja. Eh, malah banyak yang senang," ujar Said enteng. 

Selain itu, menurut Said, bisnis parodi seperti yang dilakukannya itu tak akan pernah mati. Project Pop dan grup lawak Warkop saja, sebut Said, hingga kini masih terasa lucunya jika kita menyaksikan karya-karyanya. 

"Parodi, apalagi dalam bentuk visual pasti nggak gampang basi," ujar pemuda yang juga merilis novel grafis Munir, Juli lalu. 

Ekspansi Dengan Berkolaborasi

Belum lama ini, Kamengski merilis kaus yang sama sekali tak mengandung unsur plesetannya. Gambarnya adalah sekolah anak punk sedang menyalami tangan ibunya. Di produk itu, Kamengski mengajak  Mufti Priyanka, ilustrator yang lebih dikenal dengan nama Amenkcoy. 

Amenkcoy, adalah satu dari beberapa nama seniman muda yang pernah diajak Kamengski untuk berkolaborasi. Bagi Said, Kamengski sangat terbuka dengan kolaborasi. Bahkan ia membutuhkannya agar menambah variasi produknya. "Kolaborasi penting biar kita bisa bersinergi dan saling bantu. Mau kolaborasi di media apa pun ayo-ayo aja," jelas Said. 

Selain Kaus, Kamengski juga akan menambah jenis produknya.Selain pernah membuat gantungan baju berbentuk senapan, Kamengski juga berencana mengeluarkan casing smartphone dalam waktu dekat ini. Tentu, dengan desain yang khas dan unik.

"Gue nggak nyangka juga sih Kamengski udah segede ini. Apalagi gue nggak ada basic bisnis. Gue cuma menjalani ya karena gue suka dan gue senang," tutup Said. 

Kunjungi: www.instagram.com/kamengski , www.twitter.com/kamengski, www.facebook.com/kamengski. 

...
Tulisan ini dimuat di rubrik Sidewalks di Things Magazine edisi Oktober. Terima kasih atas kesempatannya. Semoga bermanfaat. :D  Berikut inilah bukti penampakannya: 



(foto: Dok. Kamengski )

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© blogrr
Maira Gall