Sunday, April 17

Friday, April 15

Personal Quote

“Butuh banyak baca untuk bisa menulis, butuh banyak mendengar untuk bisa bersuara, butuh banyak melihat untuk bisa merupa, butuh banyak mencoba untuk bisa berkarya, butuh membuang sedikit malu untuk bisa maju.”

Sunday, April 10

Trophy atau Partner

Beberapa waktu ini saya lagi sering mendengar selentingan tentang pencapaian seorang kawan pria mengenai calon pasangan atau pun pasangannya. Mereka yang belum memiliki pasangan menyebutkan  sederetan kriteria yang harus dimiliki oleh pasangannya nanti.  “Duh, coba gua punya cewek krudungan dan pake behel” atau “Cewek gua nanti harus cantik!” Yang sudah memiliki pasangan pun begitu, menceritakan betapa pasangannya itu sangat sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. “Nggak apa-apa lah gua begini, yang penting cewe gua cantik, iya nggak?!”

Nah, yang bikin saya bertanya ialah mengapa kriteria kita dalam melihat seseorang itu sama, yaitu urusan penampilan.  Pun kriteria penampilan itu sudah ditetapkan  sebelumnya, cantik, berkerudung, kurus tinggi,  berbehel, rambut lurus. Sebuah idealisasi hasil konstruksi sosial. Memang udah nggak bisa dipungkiri lagi sih penampilan memang menjadi daya tarik tersendiri, tapi kenapa harus penampilan yang menjadi hal yang disebutkan pertama ketika membicarakan kriteria pasangan?! Dari mata turun ke hati? ah menurut saya itu adalah pembenaran universal kita saja. Lalu mengapa penampilan ideal yang seperti itu yang harus dijadikan kriteria. Padahal manusia itu adalah makhluk yang aktif mampu membentuk pemaknaannya sendiri mengenai realita. Tapi mengapa kita terjebak dalam streotipe dalam memandang lawan jenis?!

Saturday, April 9

Personal Quote

"Walau statusnya invisible tapi Tuhan selalu online". Maka aku yakin diriNya kan selalu me-reply   doa-doa virtualku. :)