Sunday, February 27

Personal Quote

"Saya percaya bahwa dalam hidup ini, tidak ada yang namanya kebenaran sejati, 
yang ada hanyalah kepercayaan dan keyakinan, 
sementara kebenaran sejati hanyalah Tuhan yang memiliki dan mengetahuinya"

Tuesday, February 15

36 exp x 4 dari Qatar

                  DSC_3368_600_600 DSC_3365_600_600
Karena alasan akademis yang terus molor, Desember kemaren saya memutuskan untuk pura-pura lupa kalau saya suka sekali motret, apalagi saat itu (masih sampe sekarang) saya sedang norak-noraknya dengan  fotografi analog. Sampe akhirnya rol dengan canister putih ini datang ke rumah membuat hati berbinar dan semangat untuk motret (lagi) terbakar. halah

         Semua kamera saya taro di lemari, bahkan tiap bagian dari kamera digital saya simpan di dua tempat berbeda, bodi kamera dan lensa ada di Ciledug, sementara chargernya ada di Jatinangor. Jadi kalau pun saya kebelet banget mau motret cuma bisa sebentar, sampe baterenya habis. haha. Begitu juga dengan kamera analog, kebetulan saat itu lagi nggak punya stok film untuk motret dan rasa depresi karena selalu gagal develop film pun mendukung gerakang mogok motret itu. Kegiatan fotografis saya hanya sebatas main-main ke flickr dan sesekali ngupload stok poto lama.
     
          Hiatus terus berlanjut sampai akhirnya seorang kawan flickr yang sungguh keterlaluan  baiknya memberikan empat rol film BW merk Ilford Delta 400. Menurut pengamatan saya dan kemudian dibenarkan oleh pengakuannya,  Beliau adalah seorang kapten sebuah penerbangan di Qatar sana, Yoi coy, dia seorang pilot. Om Unggul namanya. Asli Indonesia. Punya istri cakep yang namanya mbak Utie. Mbak utie juga aktif berlalu lalang di flickr. Selain bekerja sebagai pilot, Om okem satu ini adalah aktivis fotografi analog yang suka motret di jalanan. Dia udah gape banget lah sama proses produksi foto dengan medium film, mulai dari motret sampe pencuciannya.
       
          Om Unggul emang apal betul kalo saya sering gagal nyuci film, saya sering mengeluhkan hal itu di flickr sana. Hehehe. Dengan kehadiran film  ini saya ketuk palu untuk berhenti dari vakum, dan kembali berfotografi analog ria, dengan santai tapinya.  Karena ini pilm mahal n susah didapat udah pasti saya jadi teliti dan hati-hati mencucinya, sampe-sampe saya beli developer yang lebih layak dibanding developer 10ribuan. Tentunya, si Om juga mbimbing saya via YM selama proses pencucian. uhuy. 

           om Unggul adalah satu dari  teman flickr yang ga kalah asik-asik dan baik hati.  Menarik rasanya bisa mengamati pertemanan virtual ini, anonim dan tak tesentuh. Walau pun saya jarang terlibat langsung, saya bisa mengamati betapa mereka sudah sangat akrab. saling bertukar kenang-kenangan dan kopi darat sepertinya udah jadi ritual untuk menghangatkan persahabatan. sungguuh uhhh!!

         Terima tengkyu Om, smoga suatu saat nanti gua bisa mbales kebaikanmu, kalao gua ga bisa Yaa pasti Tuhan lah yang menggantikan. haha..

         Oiya, ini beberapa hasil fotonya. Ya, cuma ada beberapa, karena setengah rolnya kebakar gara-gara saya teledor..  Selain itu, hasil cuciannya atau materingnya masih salah  sepertinya.  Semoga ini cuma terjadi di rol pertama.





 




click image to enlarge!

kamera: Nikon F80
lensa: 20mm f/2.8 (not recommended lens. hehe)

Monday, February 14

Friday, February 4

Utamakan Istri Muda by PinkGirlGoWild



Nama Pinkgirlgowild memang sudah tidak asing lagi bagi para penikmat dan pegiat disain, ilustrasi dan street art (setidaknya begitu lah saya mengenal dia). Tapi bagi pecinta sastra seperti novel atau pun cerpen? Sepertinya tidak. Itu lah yang bikin saya penasaran, sebelumnya Oomleo menerbitkan buku yang isinya cerita-cerita konyol dan absurdnya, dari situ saya pikir bahwa tulisan para ilustrator itu pasti unik. 

Gambar cover, judul, dan penulisnya menjadi daya tarik utama bagi saya saat memutuskan membelanjakan Buku yang tipis nan sederhana ini dengan uang jajan yang baru saja dikirim. Apalagi setelah saya tahu bahwa sang penulis terinspirasi dari hal yang saya  sukai juga, hal yang sangat sepele sebenarnya, yaitu tulisan di belakang truk. Tulisan-tulisan di belakang truk itu memang sangat unik, curhatan masyarakat kelas bawah yang sangat lugas namun dikemas dengan diksi dan susunan kata yang menggelitik. Contonya, ‘Kutunggu Jandamu’, ‘Doa Ibu’, ‘Janda seperti Perawan’ dan banyak lagi. Dari sekian banyak truk yang menampilkan slogan dibelakangnya, kalimat yang dipilih oleh Pinkgirlgowild ialah ‘Utamakan Istri Muda’.