Sunday, February 7

Cerita Seru PKL Season 1 (biar kaya film2 korea)

Dari semua hal yang gua alamin di sini gua cuma mau bilang kalau kerjaan ini gua suka dan ini seru.


       Terhitung dari tanggal 18 Januari berarti Sudah ganjil 5 hari gua PKL. Di suasananya yang bebas dan terlihat banyak waktu luang di kantor tapi entah mengapa gua merasa hari-hari kemarin padet banget. Sampai baru sekarang gua bisa buka blog dan klik New Post.

 “Wah, lu Pedagang Kaki Lima ki? Emang hidup jadi pedagang itu susah, enjoy aja.. jadi PKL dimana emang lu?

SAYA LAGI SEDANG TELAH AKAN melaksanakan Pelatihan Kerja Lapangan.  Iya sih seharusnya namanya PKK, Pelatihan Kerja Kantoran.  Yah, tapi begitulah namanya. Gua PKL di redaksi majalah Hai, tempat kerja  yang udah gua idam-idamkan sedari dulu. Huff, untuk itu gua bersyukur banget sama Allah yang udah denger harapan gua, padahal gua cuma berbisik.

Lebih tepatnya gua ditempatkan di Hai-Online, majalah Hai versi web. Tapi itu bukan masalah besar. Gua memilih untuk PKL ditempat ini selama tiga bulan. Yap gua memilih, memang kalau ketentuan dari kampus, PKL cukup hanya sebulan saja, namun ternyata di Gramedia Majalah ga nerima kalau magang Cuma se-sebentar itu, “ilmunya ga dapet.” Kalau kata orang HRDnya. So, gua pilih periode yang terlama. Biar gua puas, masa iya gua yang udah berharap banget bisa jadi bagian di Majalah Hai tapi cuma PKL sebentar.

Walau job desk gua di sini ga begitu sesuai dengan kuliah, tapi gua sangat menikmati, yah karena memang gua udah suka pekerjaan ini.

emang lu jadi diposisiin dimana ki.?



Nah ini baru mau ngasih tau, gua ditempatin sebagai reporter, (ga yakin juga sih ini bisa disebut kerjaan reporter atau ga), yang jelas job desk gua ialah mencari informasi alias berita seputar dunia hiburan, olahraga, pokoknya tentang yang disukai sama anak muda deh. Nah, yang menjadi informan gua adalah Internet, haha, jadi gua dapet berita juga dari media-media berita online, entah itu dalam ataupun luar negeri. Jadi gua membaca perkembangan2 dari berbagai sumber, lalu gua tulis deh yang versi gua nya. Tapi itu khusus kalau beritanya dating dari luar negri, kalau tentang kejadian-kejadian di dalam negri, gua harus mencari Informasi langsung dari sumbernya.  Untuk itu, kemarin gua sempet interview band untuk mendapatkan informasi. Haha, itulah wawancara pertama gua.

Tapi ternyata ga cuma ngerjain itu, dalam lima hari kemarin, gua juga sempet keliling SMA untuk mewawancarai anak-anak sekolah, selain itu gua juga sempet disuruh wawancarain Band.

Ketidak sesuaian job desk dengan ilmu di jurusan gua memang menimbulkan pertanyaan seperti, “Eh lu dari mankom kan? Kok jadi reporter.”  Setelah menarik napas, gua cuma bisa jawab, “yaa kenapa nggak.” Atau “ya ditempatinya disitu, mau gimana lagi. Hehe.” Padahal jawaban yang paling pas adalah. “karena gua suka.! Justru gua bakal ga tau mau ngapain kalau gua ditempatin di posisi yang sesuai dengan kuliah gua.”

Walau gua suka nulis, ternyata  gua akuin gua masih kurang terlatih dalam hal menulis sesuai kaidah, apalagi nulis berita. Emang sih di Hai gaya tulisnya santai, tapi kadang untuk hal-hal dasar aja gua masih salah. Haha.

Oiya, gua pengen bilang salut untuk kawan-kawan di jurusan jurnalistk, haha, ternyata nyari n nulis berita itu ga gampang yaa, dan kalian sedah sangat terbiasa dengan hal ini..


Lalu bagaimana dengan suasana kerja?

                Seru dan asik deh pokoknya. Segala bayangan orang-orang tentang suasana kerja di media, terutama majalah, memang benar adanya. Ga ada seragam alias baju bebas, asal pake celana panjang n sepatu. Pekerjanya kisaran umur 25-35 lah, ada satu dua orang yang terlihat sudah berumur sih, tapi mereka semua berjiwa muda.  Ruang kerjanya asik, ada ruang untuk kita nyantai nonton TV, sampe ada tempat tidurnya hihi. Dan yang paling asoy adalah  tidak ada ketentuan gua harus datang dan pulang jam berapa, tapi gua hampir selalu datang jam 10 atau 11. Pernah sih sekali datang jam 2. Hahaha. Nah kalau untuk masalah pulangnya itu, suka enak-ga enak coy, di waktu gua ngerasa gua udah ga tau mau nulis berita apa lagi dan gua pengen pulang, eh orang-orang lagi semangat-semangatnya kerja. Jadi kalau mau pamit pulang suka enak ga enak..

pesan gua: sering-sering buka Hai-online.com yah, untuk mendapatkan informasi yang terkini dari dunia musik, film, sport, dan sekolah.haah


(jaka sembung naik ojek. bersambung ya jaack!)

1 comment:

lowongan kerja said...

semoga sukses ya di pkl nya..

Post a Comment